Peluang Usaha Sabun Aromaterapi

21.16 Edit This


Satu lagi celah peluang usaha yang dapat kita kembangkan dari sabun, yaitu sabun yang memberikan khasiat aromaterapi. Dengan semakin berkembangnya tingkat kebutuhan manusia akan kesehatan dan kebugaran tubuh, kebutuhan manusia akan sabun tidak lagi hanya sekedar fungsi membersihkan diri. Dengan penambahan bahan-bahan tertentu seperti rose oil, lavender oil akan memberikan manfaat lebih daripada hanya sekedar membersihkan tubuh.
Setelah beraktifitas seharian tentunya sangat menyenangkan apabila sembari mandi kita memperoleh manfaat lebih seperti relaksasi, rasa nyaman. Oleh karena itu kebutuhan akan adanya jenis sabun aromaterapi ini akan terus meningkat. Yang kita perlukan adalah ketrampilan kita meramu bahan-bahan yang ada dialam sehingga memberikan manfaat yang bervariasi untuk kenyamanan kita. Berikut ini kami contohkan jenis sabun yang memberikan manfaat relaksasi dan menimbulkan semangat. Selamat mencoba

Sabun Aromaterapi untuk Relaksasi
Bahan :
Bahan Sabun transparan (base soap) 10 kg
Rose oil (0,5%) 50 gr
Cubeb oil (0,4 %) 40 gr
Sandalwood oil (0,4%) 40 gr
Pewarna kuning (cosmetic grade) 0,4 gr
Cetakan plastic berbentuk oval (utk sabun dengan berat 80 gr) 114 buah
Cara Pembuatan :
  1. Bahan sabun transparan dasar dimasukkan ke dalam tangki pemanas yang sedang dipanaskan .
  2. Lelehkan sabun dasar pada suhu 70 C selama 45-60 menit. Saat bahan sabun dasar setengah meleleh, pengadukan dimulai secara perlahan hingga sabun transparan dasar meleleh sempurna.
  3. Kemudian tambahkan rose oil, cubeb oil, dan sandalwood oil, serta aduk hingga merata.
  4. Tuangkan campurkan tersebut ke dalam cetakan berbentuk oval, dan diamkan selama 12 jam hinngga sabun mengeras.
  5. Keluarkan sabun transparan yag telah mengeras dari cetakan, kemudian diakukan proses “aging” selama satu bulan. Setelah itu, dibungkus dengan menggunakan plastic wrapping dan dikemas dengan menggunakan kardus.
Dengan tampilan transparan yang mewah dan elegan serta manfaat tambahan berkhasiat aromaterapi akan membuat jenis sabun yang satu ini lebih diminati oleh masyarakat. Tentunya ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan bukan..